Sabtu, 14 Mei 2016

Pengetian dan Struktur Teks Eksposisi


Pengetian dan Struktur Teks EksposisiTeks Eksposisi  - Didalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, banyak sekali teks- teks yang beragam sesuai dengan kegunaannya masing- masing, teks-teks tersebut meliputi: teks laporan, teks eksposisi, teks ulasan, teks biografi, teks prosedur, dan teks tanggapan kritis.

Untuk pertemuan kali ini, saya akan membahas sebuah teks yang berisi bentuk hasil pengamatan yang dilakukan dan memiliki tujuan untuk mengoptimalkan hasil yang diperoleh kepada pembaca, yaitu teks eksposisi.

Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia, teks eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan.
Menurut ahli tata bahasa Indonesia, Gorys Keraf, eksposisi atau pemaparan adalah salah satu bentuk tulisan atau keterampilan berbahasa secara efektif yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut.

Pada umumnya teks eksposisi terdiri atas tiga bagian, yakni bagian teses yang merupakan pendapat atau opini, bagian argumentasi atau alasan yang merupakan isi, dan bagian penegasan ulang yang merupakan bagian penutup.

Perhatikan struktur teks eksposisi berikut!

Pengetian dan Struktur Teks Eksposisi

Demikian artikel yang berjudul "Pengetian dan struktur teks eksposisi" ini saya buat dan saya susun semoga bermanfaat.
SALAM INDONESIA CERDAS
kode iklan disini

Peraturan Mengeposkan Komentar Di InfoNesia
=>> Harus menggunakan kata- kata yang baik dan sopan.
=>> Berkomentar sesuai topik yang di bicarakan.
=>> Dilarang spam.
=>> Atas perhatian dan kunjungannya, kami mengucapkan banyak terima kasih.